daun

Rabu, 01 Februari 2012

Software Untuk Mengakses Internet

Software untuk mengakses internet adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mengakses internet. Terdapat beberapa peranggkat lunak (sofware) yang bisa kita gunakan untuk menjalankan aplikasi internet. Namun tentu saja pada computer yang akan kita pergunakan harus terdapat system operasi terlebih dahulu.


        Setelah terdapat system operasi pada computer yang akan kita gunakan, selanjutnya kita tinggal melakukan instalasi program-program aplikasi untuk mengakses internet. Beberapa contoh perangkat lunak yang bisa dipergunakan untuk mengakses internet antara lain :

A. Browser

        Browser adalah sebutan yang diberikan kepada sebuah software yang dipakai untuk mengakses World Wide web ( WWW ). WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan menggunakan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai (multimedia) . untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer ( yang disbut www server atau web server ) digunakan program web client ang disebut web browser atau browser saja. Jenis - Jenis Browser yang sering digunakan antara lain :



1. Microsoft Internet Eksplorer




        Microsoft internet eksplorer adalah perangkat lunak browser dari system operasi windows. Jika computer yang akan dipergunakan menggunakan system operasi windows, maka aplikasi ini sudah terdapat di dalamnya.


2. Mozila Firefox


 Mozila Firefox  merupakan program yang bisa kita pergunakan secara bebas.

        Mozila Firefox sengaja dikembangkan secara gratis untuk dipergunakan siapa saja. Untuk menjalankan menjalankannya terlebih dahulu kita harus menginstallkanya pada computer yang dipergunakan . Monitor FIrefox bisa dijalankan pada berbagai system operasi seperti Windows , Linux, Unix. Installer Mozila Firefox bisa kita dapatkan dengan mendownload dari situs www.getfirefox.com .
 
3. Google Chrome
Google Chrome adalah sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan WebKit layout engine and application framework. Pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, dan publik adalah rilis stabil pada 11 Desember 2008 

 

Download Manager





        Download manager adalah fasilitas internet yang dipergunakan untuk mendownload (memindahkan) file dari internet ke computer client. Aplikasi ini diperlukan jika file-file yang akan dipindahkan tersebut cukup besar sehingga tidak mungkin jika hanya dipergunakan proses Save As dari internet ke computer client saja. Hal ini berhubungan dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses memindahkan dat tersebut.

        Memindahkan file besar hanya dengan proses Save As saja akan mengalami kendala jika tiba –tiba koneksi internet terputus. Namun, dengan menggunakan Downloas Manager , saat koneksi terputus, maka proses pemindahan data akan dihentikan oleh download manager dan dilanjutkan kembali saat koneksi sudah tersambung kembali. Dengan demikian proses pemindahan data menggunakan download manager terbilang ama dan kecil kemungkinan terjadi kegagalan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar